Perkembangan dan Perawatan kehamilan berumur 26 minggu

Selama minggu ini, beberapa gejala kehamilan akan hilang atau bertambah parah; Beberapa gejala baru akan muncul. Janin berumur 26 minggu lebih aktif tapi tidur lebih lama dari sebelumnya. Pekan terakhir trimester kedua adalah seminggu tanpa banyak perubahan namun tetap signifikan.

Perubahan di tubuh ibu hamil usia 26 minggu

Pada sisa minggu kehamilan, rahim Anda akan meningkat rata-rata 1,25 cm per minggu. Jika Anda memiliki diet seimbang, berat badan Anda meningkat 7-10 pon dibandingkan sebelum Anda hamil.

Dari minggu ke 26, Anda mungkin mengalami fenomena kelupaan, yang sangat umum terjadi pada wanita hamil dan tidak ada yang serius. Anda mungkin juga mengalami masalah tidur dan sering mengalami sakit kepala daripada biasanya.

Jika Anda memiliki bayi laki-laki, testis akan berangsur-angsur turun di bawah skrotum. Kebanyakan wanita hamil memiliki pergelangan kaki, kaki, dan kaki bengkak. Ini normal tapi jika tiba-tiba dan parah, ini adalah tanda preeklampsia.

Preeklamsia adalah kondisi kehamilan yang ditandai dengan adanya peningkatan abnormal tekanan darah dan protein dalam urin. Ini adalah kondisi yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan komplikasi bagi Anda dan bayi Anda; bahkan kematian

Perkembangan janin usia 26 minggu

Panjang bayi Anda sekitar 34cm, beratnya sekitar 0,9kg. Saraf di telinga tumbuh dan membiarkan bayi Anda merespons suara dengan lebih tepat. Mata bayi bisa terbuka dan berkedip.

Bayi terus menelan cairan ketuban dan bernafas di rahim, meski tidak bernapas dalam oksigen. Latihan pernafasan ini berlatih untuk bernapas di luar udara setelah kelahiran.

Bayi berusia 26 minggu terus menyerap antibodi dari ibu atau antibodi buatan sendiri untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gerakan bayi Anda lebih kuat dan lebih cepat dari sebelumnya, terkadang menyebabkan Anda sakit. Waktu tidur bayi lebih lama dari sebelumnya, pola tidur terbentuk dan cukup terpisah dari ibu.

Saran untuk ibu hamil di minggu ke 26

  • Siapkan pemeriksaan kehamilan berikutnya termasuk pertanyaan dan perasaan untuk tes.
  • Anda harus menghindari penggunaan sepatu hak tinggi selama kehamilan, terutama di bulan-bulan terakhir.
  • Terus diet dan sehat untuk memiliki tubuh yang sehat, mencegah penyakit bisa terjadi.
  • Pastikan Anda minum cukup air setiap hari.
  • Berolahraga ringan di siang hari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak, kurangi sakit kepala, sakit punggung.
  • Tenang dalam banyak hal seperti meditasi, memancing, mendengarkan musik, berjalan kaki, pijat, dll. Hindari stres bagi Anda.
  • Silakan berbagi dengan saudara dan teman untuk menghilangkan psikologis dan mencari pertolongan.
  • Pemeriksaan khusus akan membantu memperbaiki kesehatan fisik dan mental Anda.

Jadi Anda sudah hamil sekitar 6 bulan, lama sekali, Anda berangsur-angsur beradaptasi dengan perubahan tubuh saat hamil. Tetap bugar dan memiliki diet tidur yang baik untuk menjaga agar bayi berusia 26 minggu Anda sehat.

Demikian artikel ini ditulis oleh Balqis Aqiqah Bandung tentang perkembangan janin berumur 26 minggu, semoga para bunda semakin jelas dan yakin akan kesehatan si kecil sehingga bisa terlahir nantinya dengan sehat dan lancar. Aamiin.