Perkembangan Anak yang Harus Ibu Ketahui

Perkembangan anak- hai bunda di seluruh belahan dunia semoga senantiasa diberikan kebahagian ya.. kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya tentang perkembangan anak, dan semoga apa yang saya bagi bisa menginspirasi para bunda di seluruh dunia.

ingin tau perkembangan anak secara detail? yuk simak tips berikut ini

Orang tua mana sih yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh berkembang menjadi anak yang cerdas dan pintar, pasti semua orang tua menginginkan nya. karena anak adalah anugerah dari Tuhan serta investasi bagi masa depan kita di dunia maupun di akherat nanti,. Maka dari itu kita sebagai orang tua harus peduli terhadap perkembangan anak, sejak anak kita bayi sampai dewasa pun kita wajib memantau perkembangan nya, agar nantinya anak kita tidak mengalami hal hal yang tidak di inginkan . contoh nya anak tidak berkembang dari segi apapun entah dari pemikiran ataupun fisik, maka dari itu kita sebagai orang tua harus tau hal-hal apa yang menghambat perkembangan anak akan saya jelaskan dibawah ini

Ciri ciri perilaku perkembangan anak yang terhambat

Perilaku anaka dinyatakan terhambat apabila tidak sesuai dengan perilaku normative anak pada umumnya. Perilaku terhambat pada umumnya. Perilaku terhambat dapat dirunut dari sumbernya dan untuk menentukan suatu perilaku terhambat atau tidak diperlukan adanya alat ukur yang valid, agar diperoleh hasil pengukuran (assesment) yang akurat

Ciri ciri perilaku terhambat pada anak

  • Perilaku anak sangat tidak sesuai dengan usianya.
  • Perilaku anak sudah sangat mengganggu ,baik bagi anak maupun lingkungan
  • Gangguan perilaku sudah terlalu sering muncul dan berlangsung lama
  • Anak berusaha mempertahankan perilaku tersebut

Ciri ciri diatas bisa kita amati pada anak kita, sebagai seorang ibu yang mungkin setiap hari harinya bersama anak harus nya sudah menegrti tentang ciri ciri diatas, karena ciri -ciri anak yang perkembangan nya terhambat sangat mudah dipahami, saya akan beri contoh :

Sewajar nya anak berusia 3 tahun lebih harus sudah bisa berbicara walaupun satu kata 2 kata itu menandakan anak kita berkembang, dan sebaliknya jika anaka anak dalam usia 3tahun anak anak kita belum bisa mengucapkan satu atau dua buah kata brarti anakkita mengalami keterlambatan dalam berkembang.

Dan sebagai orang tua anda juga harus wajib mengetahui faktor penyebab tertinggal nya perkembangan anak, karena hal ini sangat penting agar nantinya anak kita benar benar bisa tumbuh menjadi anak yang sehat cerdas dan pintar berikut ini akan saya bagikan faktor apa yang menghambat perkembangan anak:

  • Faktor internal yaitu faktor yang sudah dibawa sejak lahir,artinya potensi potensi tersebut sudah ada sejak anak dilahirkan ke dunia. Contoh: gen dari orang tua dan keluarga, kondisi psikologis saat kehamilan,nutrisi yang dikonsumsi ibu selama hamil.
  • Faktor eksternal yaitu faktor yang ditemui anak dalam proses perkembangan sejak masa bayi hingga perkembangangan ketika bayi, contohnya : Penerimaan/anak , pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, kondisi masyarakat setempat, sistem pendidikan formal dan masih banyak lagi.

semoga apa saya tuliskan bisa dipahami dan di terjemahkan dengan baik oleh bunda bunda ya.. artikel saya diatas terinspirasi dari buku ” diary anakku” karya ida saraswati batu. Malang. dan tujuan saya tentunya untuk berbagi lewat media tulisan.

salam bahagia