Mengapa harus Berbisnis Online

Ingin memulai berbisnis, tapi tidak tahu bisnis apa. Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh karyawan yang punya cita – cita berbisnis dan menabung untuk cita – citanya. Tetapi masih bingung harus berbisnis apa.

Bila ingin berbisnis, mengapa tidak mulai dari bisnis online. ada beberapa keuntungan dalam bisnis online.

Keuntungan berbisnis online :

  1. Terkoneksi sudah menjadi bagian dari hidup kita saat ini. Jadi tidak perlu lagi mencari sambungan internet untuk memulai bisnis. Kebanyakan dari kita sudah terkoneksi dengan internet untuk chatting dengan keluarga dan teman, untuk melihat kabar keluarga dan teman di medsos.

 

  1. Waktu yang fleksibel. Waktu yang fleksibel artinya tetap harus disediakan waktu untuk berbisnis tiap harinya, tetapi kapan atau dimana, kita sendiri yang tentukan. Kebanyakan dari kita terjebak dengan kata – kata “waktu yang fleksibel” yang diartikan sebagai kalau ada waktu. Bisnis online tetap membutuhkan komitmen waktu setiap hari yang kita sendiri tentukan kapan waktunya.

 

  1. Modal awal untuk berbisnis jauh lebih kecil daripada modal bisnis secara fisik. Bahkan modal awal saya berbisnis online adalah sambungan internet dan hasil saya belajar photoshop. Barang yang saya jual adalah pre order. Ada pesanan dengan Down Payment (DP), baru saya kerjakan pesanannya. Untuk jualan di internet, saya gunakan blog wordpress gratisan.

 

Tips :

Tapi bisa tanpa modal karena usaha ini saya memulainya 8 tahun yang lalu. Bila baru memulai saat ini, kompetisi di internet sudah jauh lebih ketat. Untuk memulai bisnis online saat ini, tidak bisa tanpa modal seperti saya dulu. Tetap harus dengan modal, tetapi modalnya tidak sebanyak bisnis fisik. Modal yang utama adalah untuk marketing di internet. Bila berjualan di marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, harus membeli paket promosinya agar produk bisa tampil di atas. Bila berjualan di social media, untuk cepatnya, bisa membeli akun yang sudah mempunyai banyak friends atau follower. Untk membeli akun seperti ini, dapat dicari di ads.id atau kaskus.

 

  1. Supplier yang banyak. Saat ini, banyak bisnis dengan model reseller dan dropship. Dengan bisnis model ini, mencari bahan untuk dijual cukup mengandalkan internet, mencari barang yang sedang tren dalam penjualannya.

 

Tips :

Saran dari saya, yang dijual di internet tidak selalu lebih mahal atau lebih murah dari penjualan fisik di kota setempat kita tinggal. Ada barang yang lebih murah di internet daripada di grosir kota kita tinggal, karena penjual internet langsung produsennya atau beli langsung dari produsennya. Ada barang yang lebih murah di pasar grosir tempat kita tinggal, karena barang yang dijual tersebut lebih banyak diproduksi di kota sekitar tempat kita tinggal. Selalu cek keduanya bila akan membuat took online.

 

  1. Konsumen yang luas, bukan hanya lokal. Akan berjualan barang secara online atau menawarkan jasa secara online, konsumen tidak terbatas di kota kita tinggal. Saya mempunyai teman yang tinggal di kota Sidoarjo, Jawa Timur, tapi jualannya di Amazon USA. Hal yang mungkin sulit dilakukan dengan bisnis fisik modal kecil untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Tapi dengan model bisnis ekspor melalui Amazon, hal ini bisa terjadi.

Untuk jasa service, selama kita menguasai bahasa Inggris dengan baik sebagai alat komunikasi, pasarnya adalah dunia. Banyak tempat di internet untuk menjual jasa, seperti fiverr.com, blackhatword.com

 

Hal yang wajib ada untuk memulai bisnis online :

  • Bisa memulai dengan device yang kita punya, misalnya smart phone.
  • Rekening Bank yang tersambung dengan internet banking. Yang terpenting adalah bisa digunakan untuk melihat keluar masuk saldo rekening. Bila masih kuwatir dengan internet banking, tidak perlu daftar minta token internet banking. Cukup untuk akses melihat keluar masuk saldo saja.

 

Untuk ide bisnis online apa saja dan bagaimana cara melakukannya, saya tulis di tulisan saya yang lain.

Daftarkan email Anda di blog ini, agar dapat mengikuti update blog tulisan tentang ide bisnis online.