Mencari Barang Yang Laris untuk Dijual dari Alibaba

Melanjutkan posting sebelumnya, tentang cara beli di Alibaba, tulisan ini lebih detil tentang memilih barang.

Dengan modal yang tidak banyak, saya harus hati – hati memilih produk yang dibeli di Alibaba untuk dijual di sini. Ada beberapa cara yang saya gunakan.

  1. Cek di Tokopedia

Keuntungan dengan adanya marketplace seperti ini, kita bisa cek produk apa yang banyak penjualannya. Dengan klik dalam kotak Search di halaman depan tokopedia, langsung muncul “Popular Search”.

Tokopedia Popular Search

Klik salah satu Popular Search, akan muncul banyak pilihan. Pilih menu Urutkan, klik Penjualan. Maka yang tampil teratas adalah produk yang banyak terjual.

Atau bukan Popular Search, ketik apa saja yang ingin dicari di kotak Search Tokopedia. Dari hasil yang keluar urutkan berdasarkan Penjualan.

Sebagai contoh, saya ingin mencari Action Figure. Di kolom Search Tokopedia, saya ketik, “Action Figure”.

Tokopedia Action Figure

Kemudian saya urutkan berdasarkan Penjualan. Klik produk yang pertama, terlihat penjualan sudah sampai 1.5ribu

Tokopedia Action Figure Penjualan

(Atas : mengurutkan berdasarkan penjualan)

Tokopedia Terjual

(Atas : Barang Terjual yang banyak di salah satu penjual Tokopedia)

Kekurangan dari cara ini adalah, biasanya yang terjual banyak, tidak lama mempunyai banyak saingan. Karena mudah sekali mengecek penjualan terlaris di Tokopedia.

 

  1. Amazon

Saya juga melakukan pengecekan di Amazon. Kekurangan dari Amazon adalah barang yang laris terjual di Amazon, di Indonesia sering kali belum dikenal.

Di Amazon, bisa dilihat untuk setiap kategori. Oleh Amazon secara otomatis, produk yang tampil diurutkan berdasarkan banyaknya penjualan dan banyaknya review. Semakin banyak penjualan dan review akan lebih mudah tampil terdepan.

Atau klik “Best Sellers” di tab Amazon, maka akan tampil produk terlarisnya per kategori.

Jadi mudah untuk melihat produk apa yang banyak terjual di Amazon.

Tapi sekali lagi, yang terlaris di Amazon, belum tentu dikenal di Indonesia. Contohnya saya browsing Toys (Mainan). Produk yang terlaris adalah permainan kartu, namanya adalah “Cards Against Humanity”. Saya sendiri tidak tahu, permainan apa itu.

 

  1. Alibaba

Di Alibaba sendiri, bisa dicek di kategori. Di masing – masing kategori terdapat bagian yang disebut “Hot Search”, artinya pencarian terbanyak di Alibaba di tiap kategori.

Klik pada kategori yang berwarna biru (di gambar di bawah, ada kategori berwarna hitam, yang adalah sub kategori dan biru. Klik yang biru). Hasilnya, di setiap sub kategori muncul “Hot Search”. Berarti barang itulah yang banyak dicari.

Alibaba Kategori

Permasalahannya sama dengan di Amazon. Yang laris di Alibaba, belum tentu dikenal di Indonesia.

 

Tips :

Untuk kategori yang berhubungan dengan agama, biasanya tidak pernah muncul sebagai barang terlaris di Amazon atau Alibaba. Tetapi di tokopedia, penjualannya teratas.