Ide Bisnis Online 1, Open Trip

Setelah membaca mengapa harus berbisnis online, keuntungan dan tipsnya, saatnya mulai berpikir berbisnis online apa. Yang mudah adalah toko online. Karena sudah umum, saya tidak akan membahas ide toko online saat ini. Tetapi bila ingin membuat toko online, tetapi tidak tahu harus jual apa, bisa dilihat – lihat di Alibaba, cara beli dan tipsnya ada di sini.

Saat ini, banyak sekali macam bisnis online, tidak seperti 10 tahun yang dulu. Salah satunya adalah Open Trip. Dengan boomingnya pariwisata di Indonesia, jasa Open Trip mulai banyak dicari di internet.

Open Trip berbeda dengan Paket Wisata. Sama – sama ada itinerary, tetapi Open Trip tidak memastikan jumlah peserta. Semakin banyak peserta, harga Open Trip semakin murah. Awal mula Open Trip adalah mencari teman jalan jalan untuk meringankan beban biaya. Di forum travel kaskus, banyak yang mengajak untuk trip bersama agar biaya lebih ringan. Inilah awalnya Open Trip. Para koordinator jalan – jalan akhirnya membuat bisnis Open Trip ini.

Ide untuk menuliskan bisnis Open Trip ini muncul, ketika saya membaca status seorang dari Malang yang mencari bisnis usaha. Dari Malang, yang adalah gudang tempat wisata, mengapa tidak membuka jasa Open Trip saja.

Persiapan Membuat Open Trip

Pembuat Open Trip wajib menguasai daerah wisata yang ditawarkan. Jadi paling mudah adalah menawarkan jasa Open Trip di daerah kita tinggal, kecuali Anda adalah tukang jalan yang banyak tahu tempat wisata dimana – mana.

Contohnya, karena saya tinggal di Surabaya, bila saya membuat Open Trip, wisata yang saya tawarkan adalah daerah Surabaya dan sekitarnya.

Itinerary yang saya buat untuk bila berwisata di Surabaya adalah :

  • Taman Bungkul (karena taman ini penerima penghargaan internasional)
  • Kawasan Sunan Ampel (berwisata nuansa lorong – lorong Arab), makan nasi kebuli
  • House of Sampoerna
  • Museum Santet (Museum kesehatan, yang salah satunya dipamerkan hasil tenung)
  • Jembatan Suramadu, menikmati makan di Madura, balik naik Feri agar bisa motret Suramadu
  • Jembatan Kenjeran baru dengan air mancur menarinya
  • Selfie di ikon Surabaya (patung bambu runcing, patung Suro & Boyo)
  • Kawasan mangrove
  • Beli oleh – oleh dari Surabaya

Jembatan Kenjeran Baru

Cukup banyak itinerary di Surabaya, padahal Surabaya bukan kota wisata.

Setelah mendapat tempat – tempat yang bisa dikunjungi, survey lokasi untuk menentukan waktu yang dibutuhkan. Dengan survey, bisa membuat beberapa macam Open Trip. Mengunjungi 3 atau 4 atau 5 tempat wisata. Pilihan 1 atau 2 atau 3 hari.

 

Menghitung Biaya

Komponen biaya yang dibutuhkan untuk sebuah Open Trip harus disurvey dan dipelajari juga.

  • Kendaraan
  • Makanan
  • Penginapan
  • Guide

Dari semua komponen biaya tadi, dibagi jumlah peserta Open Trip, akhirnya diperoleh biaya Open Trip per orang.

 

Menjual Open Trip Online

Setelah semua sudah siap, hal yang terakhir dan penting dilakukan adalah marketing Open Trip yang sudah dibuat.

Di facebook, buatlah fans page dan group untuk Open Trip Anda. Upload foto – foto dari tempat wisatanya di akun Instagram. Aktif di forum – forum travel, seperti subforum travel di kaskus, forum jalan2.com, forum tripadvisor. Untuk lebih terlihat professional, buatlah website Open Tripnya.

Selain di social media dan forum, di Indonesia juga ada marketplace wisata, bahkan salah satunya khusus marketplace khusus untuk Open Trip. Pikavia.com adalah marketplace wisata, sedangkan Triptrus.com adalah marketplace Open Trip. Tawarkan Open Tripnya di sini juga.

 

Saya inginnya semakin banyak yang membuat Open Trip di daerah – daerah yang belum dikenal, hingga lebih banyak orang Indonesia yang mengenal daerah Indonesianya sendiri.

Contohnya, saya ingin berwisata ke Ponorogo, Ngawi dan sekitarnya. Saya pengen mengunjungi padepokan Reog asli di Ponorogo sana, mengunjungi kawasan Trinil, Ngawi, museumnya, lokasi penggaliannya. Tapi sampai hari ini saya belum ke sana, pengennya ada guide yang antarin, tapi saya cari Open Trip ke sana tidak ada.

Jadi buatlah Open Trip di daerah Anda.

Ide Bisnis selanjutnya……