Ide Bisnis, Jual di FBA Amazon (Bukan Affiliate)

Jual di FBA Amazon

Mungkin hampir semua sudah pernah mendengar Amazon dan apa bisnisnya. Tetapi ada model bisnis Amazon yang jarang orang Indonesia tahu. Saya bilang jarang, karena saya hampir tidak menemukan pembahasannya di forum – forum online besar di Indonesia, maupun buku yang membahas tentang hal ini di Indonesia. Bahkan grup online Facebook tentang hal ini, saya juga tidak pernah menjumpainya.

Yang banyak dibahas di Indonesia adalah program affiliate Amazon. Yang ini bukan, dengan program ini, bisa jadi eksportir kecil – kecilan. Program itu dinamakan, FBA, Fulfillment By Amazon.

Menjual di FBA Amazon adalah menjual barang di Amazon yang barangnya tersimpan di gudang Amazon. Tetapi penjualnya dan pemilik barangnya tetap si pengirim barang, bukan Amazon.

Ilustrasinya begini, Si Bunga mengikuti program FBA Amazon. Bunga adalah orang Indonesia, jadi tidak mungkin mengirim barang yang dipesan pembeli Amazon Amerika Serikat dari Indonesia. Oleh karena itu, Bunga mengikuti FBA. Dengan FBA Amazon, Bunga mengirim barang dari Indonesia ke gudang Amazon di Amerika Serikat. Bunga adalah pengirimnya, karena lintas Negara, pengiriman Bunga adalah ekspor. Di Amerika Serikat harus ada importer pernerima. Amazon bukan importir, tapi penjual, jadi tidak bisa menerima barang kiriman Bunga. Maka Bunga juga menjadi importir terdaftar di Amerika Serikat. Jadi status Bunga adalah eksportir di Indonesia dan importir di Amerika Serikat.

Setelah itu, barang dikirim ke gudang – gudang Amazon di Amerika Serikat. Detail pengiriman ke gudang mana saja, akan saya post di tulisan yang lain.

Barang yang masuk ke gudang Amazon harus sudah diberi label dan dikemas sesuai dengan aturan Amazon.

Apakah Amazon membeli barang yang dikirim Bunga ke gudang Amazon tadi ?

Tidak. Amazon adalah tempat menyimpan barang saja. Pemilik barang tetap Bunga yang berada di Indonesia.

Apakah ada biaya penyimpanan ?

Tidak ada, bila barang yang tersimpan kurang dari 6 bulan. Tujuan Amazon mengenakan charge setelah 6 bulan, agar pemilik barang lebih keras menjual barangnya dan lalu lintas barang menjadi cepat.

Setelah barang Bunga masuk di gudang Amazon, Bunga sudah bisa berjualan di Amazon seperti penjual lain yang berada di Amerika Serikat. Keuntungan berjualan dengan FBA adalah status penjual otomatis menjadi “Prime” di Amazon. Dengan status Prime mempunyai banyak keuntungan di Amazon.

Sebagai penjual, Bunga bisa memberi diskon atau tidak, semuanya terserah Bunga, bukan Amazon.

Dari mana keuntungan Amazon ?

Setiap pembelian, hasilnya otomatis dipotong oleh Amazon. Besarnya pemotongan tergantung besar dan berat dari barang yang dijual. Amazon sudah menyediakan kalkulator FBA untuk setiap barang. Jadi sebagai penjual, Bunga bisa menghitung sendiri berapa harga yang layak agar Bunga tetap untung.

Dulu, saya pernah membaca di surat kabar, ada seorang produsen baju batik yang sangat senang, karena bisa mengekspor ke Amerika Serikat dalam volume kecil. Saat ini, kalau saya buka di Amazon dan search “Batik”, muncul baju – baju batik yang dijual secara FBA. Jadi, mengapa tidak produsen batik itu sendiri yang menjadi penjual FBA, daripada orang lain.

Selanjutnya, persiapan menjual barang di FBA Amazon.