Cara Beli dan Import Barang dari Alibaba, China

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri saat mengimport barang dari Alibaba, China.

Setelah berhari – hari, mempelajari dari berbagai macam pengalaman orang lain di forum atau blog tentang mengimpor barang dari Alibaba, saya beranikan diri untuk coba mengimpor sendiri.

Produk apa yang bisa diimport ?

Untuk mulai import, baru melihat – lihat produk di Alibaba, sudah mendapat tantangan yang pertama. Produk apa yang bisa diimpor dan bisa laku di Indonesia. Saya buat daftar dari mulai kegiatan saya sehari – hari, mulai dari alat dapur, home appliances, peralatan berkebun hingga kebutuhan anak.

Dari peralatan listrik harus saya sisihkan. Peralatan listrik ada unsur garansi yang saya tidak tahu harus bagaimana urus garansi ke supplier di China. Lalu saya tertarik dengan pisau atau peralatan dapur yang fungsinya pisau khusus. Lagi – lagi saya harus melupakan ini, karena MOQ (minimum of quantity / pembelian minimum) rata – rata ratusan hingga ribuan, saya masih coba, belum tahu pasar, tidak mungkin impor 1 jenis barang dalam jumlah ribuan.

Akhirnya, dengan banyak pertimbangan, saya putuskan import mainan anak. Karena banyak supplier di Alibaba yang menawarkan MOQ 1 carton, yang jumlah satuannya hanya puluhan.

Lebih detil tentang survey barang apa yang laris dari Alibaba, ada di posting yang lain.

Bagaimana cara pilih supplier ?

Seller di Alibaba sangat banyak, pasti ada kebingungan ambil produk dari seller yang mana. Saya juga bingung saat pertama cari supplier. Akhirnya menemukan panduan. Supplier yang saya pilih harus memenuhi 3 kriteria tambahan (selain Gold supplier, years ) :

  1. Assessed Supplier

Berarti sudah dilakukan inspeksi penilaian perusahaan dari pihak ketiga oleh Alibaba.

  1. Trade Assurance

Menyediakan asuransi quality, shipment

  1. Menerima pembayaran dengan Paypal atau Escrow

Karena dengan pembayaran melalui Paypal atau Escrow, bila terjadi masalah kita bisa komplain ke Paypal atau Escrow

Bisakah nego dengan supplier ?

Bisa dan bahkan beberapa supplier yang tidak mempunyai barang yang kita cari (tapi ada item yang akan kita beli dari supplier tersebut), mau mencarikan barang yang kita inginkan dengan harga yang sama dari supplier lain. Siapkan skype. Umumnya setelah inquiry dan penawaran pertama, kontak selanjutnya melalui skype. Kebetulan kontak dari supplier yang saya beli bisa dengan Whatsapp. Tapi dalam bahasa Inggris ya komunikasinya.

Nego juga bisa dilakukan untuk MOQ, bila penawaran dari supplier MOQ terlalu besar.

 

Apakah harga sama dengan yang tertera di Alibaba ?

Tidak sama. Jangan terjebak dengan harga murah di Alibaba. Ada beberapa fee yang harus dibayar selain harga barang.

Fee yang pertama adalah fee payment. Bila menggunakan Paypal, fee yang harus dibayar adalah USD 25. Bila menggunakan wire transfer (telegraphic transfer / TT ) atau Western Union, fee yang harus dibayar adalah USD 35. Fee ini berlaku untuk 1 supplier 1 kali transfer. Artinya, bila order barang dari banyak supplier, harus membayar fee payment ke masing – masing supplier.

Jadi usahakan order dari 1 supplier saja, meski bermacam – macam barang

Fee yang kedua adalah fee ongkos kirim ke gudang forwarder yang mau kirim ke Indonesia. Jadi harga barang yang tertera di Alibaba adalah harga barang di Pabrik / supplier, bukan sampai di Port (Pelabuhan tempat ekspor). Pada saat impor dari Alibaba kemarin, saya kena charge USD 50.

 

Bagaimana dengan forwarder ke Indonesia ?

Saya beruntung menemukan forwarder yang baik. Untuk pengiriman sea freight (pengiriman melalui jalur laut), saya dikenakan biaya IDR 3,000,000 per CBM. Minimalnya adalah 0.5 CBM. Karena forwarder mau menerima pengiriman dengan minimal 0.5 CBM, saya beranikan untuk coba import sendiri dari Alibaba, China.

Harga yang dikenakan ke saya, sudah termasuk semuanya. Saya sudah tidak bayar pajak lagi, tidak bayar ongkir dalam negeri lagi. Sudah harga all in sampai di dalam rumah saya (karena barangnya diangkatin sampai masuk rumah :-)).

Tambahan karena banyak yang tanya, ini kontak dari forwarder saya :

Nama : IBu Debby

HP : 081298898288 / 08988822497

Bagi yang ingin tahu bagaimana cari barang yang laris di pasar Indonesia, bisa cek di tokopedia. Bahkan saya juga terkejut ketika memakai tools ini, bisa ambil list barang tokopedia dan ada barang yang quantitynya laku hingga 1 juta lebih.

Ini toolsnya,

Saya mencoba barang laku atau tidak dengan menjadi dropshipper. Dan dengan dropshipper, bisa menghasilkan omset 2 juta per minggu (tapi lagi lagi pakai tools, tidak berjualan manual).

Tools2 yang dipakai :

  1. ambil list produk dengan tools, analisa
  2. upload produk hingga seratus items (dengan toolas juga)
  3. pakai tools auto promo (di tokopedia dan shopee ada fasilitas promo gratis, tapi saya pakai tools, jadi tidak perlu nungguin). Jadi tidak perlu klik manual, bisa otomatis promosi tanpa biaya, dengan tools auto promo tokopedia dan shopee ini.

Tools yang saya pakai dari tutorial youtube ini :

  • Upload otomatis

Kontak pembuat tools ini, 08119105549

Pengalaman saya menjadi dropshipper ada di posting saya yang lain, http://www.akudangadiskecilku.com/belajar-dropship.html

Kalau ada yang masih kurang jelas bisa kontak saya. Mudah – mudahan tulisan saya bisa membantu banyak.

Tips berbisnis online dan ide bisnis online alternatif, saya tulis di post saya yang lain.

Daftarkan email Anda di blog ini, agar dapat mengikuti update blog tulisan tentang ide bisnis online.