(Bukan Resensi) Lokasi Syuting AADC 2 untuk Referensi Wisata

Karena bukan penggemar film drama percintaan (tapi saya suka drama, hanya yang bukan kisah percintaan 2 kekasih), ketika ditraktir teman nonton film Ada Apa Dengan Cinta ? 2, jadi salah fokus. Kalau teman saya heboh soal Rangga minggat lagi apa nggak, kalau saya jadi merencanakan liburan dengan gadis kecilku dengan referensi AADC? 2 ini.

Ada beberapa tempat yang berkesan buat saya dari awal nonton AADC 2 ini, tapi malah bukan yang lokasi New York, yang lokasi Yogyakarta yang buat saya berkesan.

Ini list saya buat berdasarkan yang paling berkesan dulu buat saya (karena langsung teringat lokasi ini ketika berbicara film Ada Apa Dengan Cinta ? 2 ) :

 

  1. Villa Sunset

Villa tempat geng Cinta tinggal selama di Jogja. Saya tidak tahu nama villanya selama film AADC 2 berlangsung, sudah dalam otak saya untuk cari namanya nanti di google. Selama film saya menikmati arsitek villa yang bernuansa Jawa, dengan taman dan tempat duduknya yang rindang. Dan yang utama, kolam renang yang bernuansa pemandian keraton putri…pengen berenang di kolam renang Vila Sunset.

Selain itu, keesokan di rumah, saya juga cari informasi bookingnya :-). Sudah mencari info berapa dana yang dibutuhkan untuk menginap di villa sunset. Villa Sunset bisa dibooking melalui agoda.com, airbnb.com, villas.com dan booking.com. Saya hanya pernah booking lewat Agoda, jadi tidak bisa kasih review booking service yang lain.

Saya terbiasa booking melalui Agoda karena harga yang ditawarkan lebih murah dari yang lain di atas, saat saya cek untuk booking villa sunset, hal yang sama terjadi, di Agoda lebih murah. Ini link bookingnya, http://www.agoda.com/id-id/villa-sunset-jogjakarta/hotel/all/yogyakarta-id.html

 

vila sunset

 

  1. Situs Ratu Boko

Lokasi ngedatenya Cinta dan Rangga yang ketiga. Yang pertama di kafe, yang katanya ada adegan yang memorial banget saat si Cinta bilang ke Rangga, “kamu jahat” (bukan kata saya ya…). Yang kedua di halaman Bagong Kussudiarja. Nah, yang ketiga ini yang saya suka, Situs Ratu Boko.

Saya dan gadis kecilku dari dulu suka dengan sejarah, kami suka mengunjungi museum atau situs peninggalan sejarah. Dan ketika mengunjungi museum atau situs sejarah, saya harus bisa jadi guide buat gadis kecilku yang menceritakan tentang sejarah yang kami kunjungi.

Menurut Mbah Wiki, situs ini adalah situs keraton yang lengkap. Paseban, pendopo, keputren, kolam dan tempat bermeditasi ada. Masih menurut Wikipedia, di situs ini juga ditemukan prasasti Prasasti Abhayagiri Wihara, yang menceritakan tentang Rakai Penangkaran (746 – 784M) dari Wangsa Sanjaya, raja dari kerajaan Medang.

 

AADC 2

 

  1. Papermoon Puppet Theater

Setelah makan malam, Rangga dan Cinta pindah tempat ngedate, nonton pertunjukan boneka. Saya sendiri juga tidak tahu nama pertunjukannya ketika nonton bioskop. But with the power of google, saya menemukan namanya.

Saya terkesan, karena bukan seperti pertunjukan boneka biasanya. Tapi pertunjukan boneka seperti cerita drama / teater di panggung. Hanya karakternya yang diganti boneka.

Hasil saya googling, saya dapat alamat websitenya, langsung cek aja ke sana, http://www.papermoonpuppet.com/.

 

Papermoon Puupet Theater AADC 2

 

  1. Punthuk Setumbu

Menunggu sunrise, Cinta dan Rangga naik ke Punthuk Setumbu. Di bioskop, saya langsung nanya ke teman saya (yang ortu suaminya dari Magelang). Katanya, ini tempat favorit untuk melihat Borobudur saat matahari terbit. Dan memang indah, melihat pemandangan sunrise dengan latar belakang Borobudur.

Saya sudah jatuh cinta dengan foto sunrise Borobudur sejak foto milik Mark Zuckenberg, begitu melihat Punthuk Setumbu, jadi tambah pengen nyobain sensasi melihat matahari terbit dengan latar Borobudur.

 

Punthuk Setumbu

Pemandangan ini mengingatkan saya akan Pura di lautan pasir Bromo. Sebelum turun ke lautan pasir, coba berhenti dan lihat lautan pasir. Dari kejauhan terlihat Pura yang terlihat indah karena sinar matahari terbit.